Breaking News
Loading...
Thursday, May 22, 2014

Modal Usaha Laundry Kiloan

9:11 PM
Modal Usaha Laundry Kiloan - Peluang usaha laundry kiloan modal kecil sangat di cari oleh banyak orang yang ingin membuka peluang usaha dengan modal kecil, karena dengan modal yang kecil, bisnis ini sangat menjamur dan mudah untuk di jalankan. Bahkan ibu rumah tangga pun bisa menjalankan bisnis ini.

Bagaimana cara menjalankan bisnis ini? simak hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum membuka peluang bisnis ini.

Sukses Menjalankan Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil

Modal Usaha Laundry Kiloan
Modal Usaha Laundry Kiloan
Lokasi Bisnis Laundry Yang Strategis. Lokasi sebagai sebuah tempat dimana bisnis laundry tersebut ingin dijalankan haruslah berada di daerah strategis. Yang dimaksud daerah strategis adalah sebuah daerah yang memungkinkan usaha laundry yang dijalankan dapat berkembang seperti misalnya daerah dekat perguruan tinggi atau akademi. Daerah seperti ini memiliki potensi calon pelanggan yang besar karena banyak mahasiswa pendatang dari luar kota atau luar pulau yang akan memilih kos-kosan dekat kampus mereka sehingga kemungkinan akan terdapat calon pelanggan yang membutuhkan jasa cleaning pakaian mereka. Selain dekat kampus, daerah pemukiman atau komplek perumahan juga memiliki potensi pasar yang sangat bagus untuk bisnis cuci-cuci dan setrika ini. Sebuah keuntungan tersendiri jika para ibu rumah tangga tinggal di daerah seperti dekat kampus atau tinggal di komplek perumahan maka peluang untuk menjalankan bisnis laundry menjadi semakin mudah dilakukan karena tidak perlu repot memikirkan mencari tempat usaha karena di rumah sendiripun sebenarnya usaha laundry itu dapat dijalankan dengan modal usaha kecil.

Lakukan Survey Sederhana. Maksud dari melakukan survey ini ialah selidiki dengan seksama atau teliti, apakah ada kompetitor atau pesaing yang juga bergerak dalam bisnis yang sama. Survey atau penelitian sederhana tersebut dapat dilakukan dengan cara misalnya seberapa besar usaha pesaing tersebut, berapa mesin cuci yang dimiliki, berapa harga kiloan laundry yang dikenakan kepada para pelanggan, seberapa cepat mereka mengerjakan order pelanggan, berapa orang pekerja dalam bisnis laundry miliki pesaing dan lain-lain. Pemantauan ini amat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan para pesaing jadi bila para ibu rumah membuka usaha laundry sendiri maka paling tidak telah memiliki “senjata” untuk merebut perhatian para pelanggan karena pelayanan yang lebih baik dan harga bersaing.

Kualitas Layanan Terbaik. Bila bisnis laundry sudah berjalan, cara untuk tetap mempertahankan jumlah pelanggan dan bahkan bila mungkin mendapatkan calon pelanggan baru harus dilakukan. Jalan satu-satunya untuk mewujudkan hal itu adalah dengan cara mempertahankan kualitas layanan dan berusaha keras untuk meningkatkan kualitas tersebut. Semakin bagus kualitas layanan maka kecenderungan untuk meningkatkan jumlah pelanggan juga akan mengikuti seiring berjalannya waktu. Anda dapat melakukan seperti misalnya menambah jumlah pekerja sehingga order laundry pelanggan dapat diselesaikan dengan lebih cepat, atau boleh juga dicoba untuk menambah jasa layanan penjemputan dan pengantaran agar pelanggan tak perlu repot-repot datang ke tempat laundry, atau bisa juga menawarkan produk pelembut atau sabun cuci yang sesuai dengan kemauan pelanggan. Hal-hal kecil semacam itu dapat dicoba dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan usaha laundry Anda.

Menjadikannya Sebagai Bisnis Waralaba. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan usaha laundry menjadi semakin besar dan menguntungkan yaitu dengan cara menjadikannya sebagai bisnis waralaba. Memang pasti akan terbentang jalan panjang atau sebuah proses yang butuh waktu untuk menjadikan sebuah bisnis rumahan menjadi bisnis waralaba terutama jasa laundry namun bukan berarti hal seperti itu bukan tidak mungkin bisa diwujudkan. Profesionalisme total adalah salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis laundry rumahan menjadi sebuah bisnis modal kecil yang dapat dikerjakan oleh pihak lain sebagai rekanan kerja dengan sebuah konsep bisnis yang sama. Ingat kata pepatah bahwa tidak ada yang tidak mungkin bila ada kemauan dan tekad untuk mewujudkannya.

itulah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum anda membuka usaha laundry kiloan, Semoga dengan artikel modal usaha laundry kiloan ini anda dapat menemukan rencana dan ide yang cemerlang.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Toggle Footer